29 April 2010

KEGIATAN PESANTREN ALBIDAYAH

Seluruh siswa MA dan MTs Terpadu menetap di Pondok Pesantren Albidayah. Dengan demikian pemantauan terhadap mereka dilakukan selama 24 jam dalam sehari-semalam. Beberapa keteraturan jadwal misalnya, mereka diwajibkan untuk sholat fardlu 5 waktu secara berjama'ah di Mesjid Albidayah. Selain itu mereka dianjurkan untuk makan secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada saat istirahat Zhuhur dan sebelum Maghrib.

Adapun jadwal kegiatan santri pada umumnya adalah sebagai berikut:



Catatan:
  • Jadwal kegiatan sewaktu-waktu dapat berubah. Hal ini disesuaikan dengan jadwal shalat pada hari tersebut.
  • Kamis ba'da Ashar diisi dengan kajian kitab kuning secara umum, langsung oleh Pimpinan Pesantren Albidayah Cangkorah.
  • Kamis malam ba'da maghrib diisi dengan pembacaan surat Yasin secara berjama'ah.
  • Jum'at ba'da Shubuh diisi dengan ziyarah ke makam sesepuh bagi santri putra, dan piket lingkungan bagi santri putri.
  • Ba'da shalat Jum'at diisi dengan latihan pramuka, pasukan khusus, dan lingkungan hidup.
  • Jum'at ba'da Ashar, ba'da Maghrib, ba'da Isya, dan ba'da Shubuh diisi dengan pendalaman Al-Qur'an dan Tajwid.
  • Sabtu malam ba'da Isya diisi dengan Tamrinatuth-Tholabah (pelatihan dakwah, tawasul, tilawatil Qur'an, saritilawah, puisi, teater, qasidah, hadrah, marawis, paduan suara, dll.)
  • Hari Ahad pagi diisi dengan olahraga, istirahat, atau kegiatan ekstrakurikuler.
  • Ahad ba'da Zhuhur diisi dengan kajian kitab kuning secara umum, langsung oleh Pimpinan Pesantren Albidayah Cangkorah.
  • Ahad malam ba'da Maghrib diisi dengan pembacaan Nazhm al-Barzanji.

Selain kegiatan-kegiatan di atas yang digelar oleh para santri, pesantren Albidayah pun masih mengadakan kegiatan lain yang berkaitan dengan masyarakat di sekitarnya, diantaranya:
  1. Majelis Ta'lim; pengajian umum ini digelar setiap hari Sabtu antara pukul 06.00 WIB s/d 10.00 WIB. Pengajian tersebut diikuti oleh 4500 s/d 5000 orang jema’ah yang berdatangan dari kawasan Bandung, Banten, DKI Jakarta dan berbagai kawasan lain di Jawa Barat. Dalam pengajian ini disajikan materi tata cara hukum Islam, akhlaq al-karimah, tashawwuf, dan aqidah.
  2. Manasik Haji; bimbingan ini digelar setiap hari Ahad antara pukul 07.30 WIB s/d 10.00 WIB. Bimbingan haji yang telah digelar sejak akhir tahun 80-an tersebut, pada tiap tahunnya diikuti oleh 150 s/d 250 orang calon jema’ah haji.
  3. Istighatsah; pembacaan aurad dan do’a-do’a ini diadakan pada tiap malam Sabtu Kliwon (dalam penanggalan Jawa). Acara tersebut hanya diikuti oleh beberapa orang dari para alim ulama tertentu saja.
  4. Ziyarah; kegiatan ziyarah ini diselenggarakan pada bulan Rabi’ul Awwal di tiap tahunnya. Adapun tujuan ziarah telah ditetapkan ke kawasan Demak Jawa Tengah. Kegiatan tersebut diikuti oleh 300 s/d 400 orang.

KUNJUNGAN-KUNJUNGAN
Meskipun pesantren Albidayah masih memiliki kekurangan di bidang infra-struktur, tapi beberapa jalinan kerjasama pernah disepakati, bahkan menerima kunjungan istimewa dari berbagai tokoh nasional dan internasional. Diantaranya:
  1. Kunjungan Khalifah Thariqah Naqsyabandy se-Dunia, al-Syaikh Hisyam al-Kabbani dari New York AS dalam rangka silaturahmi. Namun setelah kunjungan itu, beliau mengundang beberapa santri dari Pesantren Albidayah untuk hadir dalam Konferensi Umat Islam se-Dunia yang diadakan pada tahun 2000 di New York Amerika Serikat dan membacakan al-Qur’an serta shalawat sebagai perwakilan dari Indonesia.
  2. Kunjungan Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Mochammad AS. Hikam, Ph.D bersama pejabat di Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) yang kemudian merintis bantuan kerjasama kepada pesantren berupa peralatan pertanian dan perairan modern serta upaya peningkatan SDM masyarakat sekitar pesantren dalam bidang pengembangan hasil pertanian dan peternakan.
  3. Kunjungan Rais ‘Aam Jamiyyah Thariqah al-Mu’tabarrah, al-Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan bersama rombongan untuk memimpin istighatsah di pesantren Albidayah.
  4. Kunjungan Ketua Umum Gerakan Pemuda ANSOR, H. Saifullah Yusuf dalam rangka pembukaan pelatihan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) yang diselenggarakan di Pesantren Albidayah.
  5. Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, H. Yusuf Kalla dalam rangka kunjungan kerja silaturahmi dan dialog mengenai peran serta pesantren dalam pembangunan pedesaan di Propinsi Jawa Barat.
  6. Kunjungan Menteri Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. KH. Said Aqil Hussein al-Munawwar, MA dalam rangka kunjungan kerja, silaturrahmi dan dialog mengenai pola pendidikan di pondok pesantren.
  7. Kunjungan Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dede Yusuf dalam rangka kunjungan kerja, silaturrahmi dan dialog mengenai pola pendidikan di pondok pesantren.
  8. Dan lain-lain.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, kang Admin, hapunten sateuacana, neda widi copy program pesantren kanggo perbandingan, hatur nuhun,.. Rofiq, Alimni AlBidayah Citanggohgor KH. Zakaria

    BalasHapus