20 Maret 2011

Pantaskah Anak Anda Memiliki Smartphone?

Apakah buah hati Anda layak mendapatkan smartphone? Sepertinya para orang tua bisa mempertimbangkan apakah si anak pantas dibelikan piranti cerdas tersebut. Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki smartphone, tanggung jawab yang besar menyertai para orang tua. Beberapa fasilitas di smartphone yang bisa diandalkan agar anak tetap aman dan nyaman berkutat dengan smartphone adalah sebagai berikut.


Kalender
Setiap smartphone dilengkapi kalender. Dengan kalender, si anak bisa menjadwalkan PR-nya jauh-jauh hari, pun juga untuk kegiatan usai sekolah. Selain itu orang tua juga bisa mengirimkan janji dokter pribadi atau kegiatan yang berkaitan dengan keluarga yang nantinya akan muncul di kalendernya.

Google Maps
Layanan ini tersedia di sebagian besar smartphone sehingga tak perlu terlalu khawatir anaknya tersesat. Bila anak telah mendapak ijin mengemudi, orang tua juga bisa memasukkan aplikasi navigasi yang dapat digunakan saat berkendara.

‘Asisten’ Pekerjaan Rumah
Anak bisa browsing dan mencari data yang diperlukan untuk mengerjakan tugas sekolah. Hal ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda juga tak perlu cemas terhadap konten yang eksplisit karena mesin pencari Google telah dilengkapi filter (penyaringan) yang bisa diatur.

Pusat hiburan
Untuk urusan entertainment, smartphone bisa diandalkan dan bisa menggeser piranti hiburan. Smartphone bisa diisi dengan musik-musik favorit, film-film kesukaan hingga TV show. Piranti cerdas ini juga mampu mengakses layanan streaming seperti Netflix untuk film dan Slacker untuk musik. Dan apabila si anak keranjingan dengan game-game di Nintendo DS, maka orang tua bisa membujuknya untuk berpindah ke smartphone yang tak kalah asyiknya.

Aplikasi pembaca e-book
Anak Anda doyan membaca? Maka manfaatkanlah aplikasi pembaca buku elektronik (e-book) yang memudahkan ia untuk membaca buku dengan cara yang seru. Orang tua pun mampu mengirimkan judul-judul baru di ponsel saat ia membutuhkan.

Namun demikian, dengan segala kelebihan-kelebihan yang dimiliki smartphone di atas, orang tua tidak boleh lepas tangan begitu saja karena tanggung jawab yang diemban juga lebih besar. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatur parental control agar anak-anak tetap aman dalam berkutat dengan smartphone.

Untuk mengatur waktu bicara, SMS dan memblokir panggilan telepon, operator biasanya memiliki parental control. Untuk hal lainnya, orang tua hanya bisa bergantung pada settingan yang ada di ponsel. Dari sekian ponsel cerdas yang ada, iPhone memiliki parental control terbaik. Anda bisa mematikan akses ke Safari, YouTube, kamera, iTunes, menginstal dan menghapus aplikasi, termasuk juga akses ke pembelian aplikasi, bermain game multiplayer dan meng-add teman di Game Center.

Pelarangan akses juga bisa dilakukan untuk musik, acara TV, film dan aplikasi yang ada ratingnya. Aplikasi seperti Safe Browser dan aplikasi lain sejenis bisa diunduh di web untuk menyaring konten-konten di dunia maya. Dan jangan cemas jika yang dimiliki ialah ponsel Android yang tidak memiliki parental control yang dibangun di sistem operasinya. Banyak sekali aplikasi di luar sana yang bisa melakukannya, bahkan ia bisa masuk ke area yang tidak dijamah iPhone. Ada Android Parental Control (gratis) yang bisa memghadang akses ke aplikasi-aplikasi lain, ada pula AppNotifier (gratis) di mana memungkinkan para orang tua mengetahui jika anaknya memasukkan aplikasi ke ponselnya. Ada pula aplikasi lain namun berbayar seperti SMS Filter serta Picture Alert.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar