1 Januari 2018

KETENTUAN SANTRI BARU MA ALBIDAYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  1. Calon santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) adalah lulusan MTs/SMP dan yang sederajat.  
  2. Mendaftarkan diri dengan mengisi FORMULIR A (pesantren) dan FORMULIR B (sekolah), serta memenuhi persyaratan administratif lainnya.
  3. Setiap calon santri wajib mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang valid.
  4. Menyerahkan fotokopi IJAZAH, fotokopi SKHUN, dan fotokopi RAPORT kelas 7, 8 dan 9 dari lembaga pendidikan sebelumnya, masing-masing 2 (dua) lembar dan telah dilegalisasi. 
  5. Menyerahkan Surat Keterangan Kelakuan Baik dan Bebas Narkoba dari lembaga pendidikan sebelumnya sebanyak 1 (satu) lembar.  
  6. Penerimaan santri baru terdiri dari 3 gelombang, yaitu Gelombang I (1 Februari s/d 24 Maret 2018), Gelombang II (26 Maret s/d 12 Mei 2018), dan Gelombang III (14 Mei s/d 30 Juni 2018).  
  7. Mengikuti ujian seleksi penerimaan santri baru (placement test) mencakup ujian tertulis (Agama Islam, Matematika, IPA Terpadu, IPS Terpadu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Tes Potensial Akademik), tes lisan (Baca Tulis Al-Qur’an), serta wawancara minat dan bakat yang diselenggarakan di Pesantren Albidayah.  
  8. Seleksi Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2018, Gelombang II tanggal 13 Mei 2018, dan Gelombang III tanggal 1 Juli 2018.
  9. Hasil ujian diumumkan sehari setelah pelaksanaan melalui papan pengumuman di Albidayah, juga dapat dilihat melalui blog www.albidayahcangkorah.blogspot.co.id
  10. Santri yang dinyatakan lulus seleksi harus sudah tiba di pondok pesantren pada hari Ahad, tanggal 15 Juli 2017, pukul 07.00 WIB bagi santri putra dan pukul 10.00 WIB bagi santri putri untuk silaturahmi orangtua/wali santri baru dengan para pengajar di Pesantren Albidayah sambil membawa seluruh perlengkapan pesantren, dengan rincian yang dapat dilihat melalui blog www.albidayahcangkorah.blogspot.co.id
Adapun ketentuan keuangan setelah diterima di Pesantren Albidayah adalah sebagai berikut:


NO.
URAIAN
BESARNYA
KETERANGAN
1
Pendaftaran
100.000
Biaya kegiatan ujian seleksi penerimaan santri baru (placement test) dan akomodasi selama kegiatan ujian berlangsung.
2
Kegiatan Ta’aruf Madrasah dan Pesantren
250.000
Biaya operasional (akomodasi dan konsumsi) kegiatan Ta’aruf Santri Baru Albidayah (TARBIYAH) 2018 yang berlangsung selama 7 (tujuh) hari.
3
Seragam olahraga, pramuka, pesantren
PUTRA
680.000
Seragam wajib dibeli/dipesan di pesantren, terdiri dari 1 stel baju olahraga, 1 stel baju pramuka, 2 stel seragam pesantren (baju koko warna hijau dan putih). Setelan seragam sekolah putih-abu membawa masing-masing (contoh seragam dapat dilihat di blog).
PUTRI
680.000
Seragam wajib dibeli/dipesan di pesantren, terdiri dari 1 stel baju olahraga, 1 stel baju pramuka beserta jilbab, jilbab putih 2 potong, seragam pesantren (baju panjang hijau). Setelan seragam sekolah putih-abu membawa masing-masing (contoh seragam dilihat di blog).
4
Sarana dan prasarana pesantren dan madrasah
2.000.000
Dibayar sekali untuk pembangunan sarana fisik serta perbaikan dan perawatan sarana pesantren dan madrasah serta untuk kegiatan ekstrakurikuler santri selama 3 (tiga) tahun.
5
Atribut pesantren dan madrasah
120.000
Terdiri dari badge nama, lokasi, logo, dasi, kartu siswa, manset, kaos kaki, pin pesantren dan madrasah, serta buku saku santri (tata tertib dan kartu izin pulang).
6
Iuran tahunan untuk 1 (satu) tahun pertama
350.000
Dibayar per tahun untuk membiayai kegiatan ekstrakurikuler madrasah, internet, komputer, perpustakaan, dan laboratorium IPA.
7
Iuran bulanan untuk 1 (satu) bulan pertama
500.000
Digunakan untuk pembayaran listrik, perawatan loker/lemari, pembelian air, iuran PDAM, sarana pengajian, dan biaya makan santri 2 kali sehari.
JUMLAH UNTUK PUTRA
4.000.000
-
JUMLAH UNTUK PUTRI
4.000.000

CATATAN
  • Biaya di atas adalah biaya awal masuk dan termasuk di dalamnya biaya untuk BULAN PERTAMA dan iuran tahunan untuk TAHUN PERTAMA.  
  • Untuk selanjutnya (bulan Agustus dan seterusnya) setiap santri hanya membayar Iuran BULANAN sebesar Rp. 500.000/bulan serta Iuran TAHUNAN untuk tahun ke-2 dan ke-3 sebesar Rp. 350.000/tahun.
  • Apabila calon siswa dinyatakan TIDAK LULUS pada saat ujian seleksi penerimaan santri baru (placement test), maka seluruh keuangan yang telah dibayarkan DIKEMBALIKAN, kecuali BIAYA PENDAFTARAN.  
  • Biaya di atas belum termasuk biaya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Ujian Nasional, Studi Tour, dan seragam khusus madrasah.
  • Saat mendaftarkan diri dan mengisi formulir seluruh siswa dan orangtua yang bersangkutan dianggap memahami dengan baik dan menyetujui seluruh klausul di atas tanpa kecuali.
  • Untuk informasi lebih lanjut, hubungi panitia penerimaan santri baru, di nomor 085222999249 atau kunjungi blog www.albidayahcangkorah.blogspot.co.id.

3 komentar:

  1. klau seleksi gelombang ke 3 kapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau di pest. al bidayah bisa ba
      wa lemari sendiri atau gak bisa ?








      Hapus
  2. bisa dapet beasiswa ga? jalur prestasi misalnya kalau ada apa syaratnya?

    BalasHapus